Saturday, November 10, 2012

Banyak Income dan Banyak Waktu


Hidup ini sering di-identikan dengan kseibukan untuk hidup dengan mencari nafkah atau income sehingga bisa berkehidupan yang layak. Namun pola pikir banyak pihak sering rancu dan bergeser dari tujuan semula.

Semua pribadi dipanggil untuk hidup bahagia, dari manapun suku, bangsa, agama, golongan dan sejarah hidup pribadinya. Saat ini jika pribadi tersebut punya niat, berusaha dengan keras dan cerdas ditambah dengan doa yang sungguh-sungguh, hidup bahagia akan dapat diraih.

Hidup bahagia tidak berkorelasi dengan pendapatan atau uang yang ada di tangan. Hidup bahagia berkaitan dengan cara pandang saat ini dan ke depan termasuk tingkat hidup yang diinginkan. Hidup bahagia akan menghampiri dan mendekat pribadi-pribadi yang bernilai dan berharga (Valuable Person).

Tulisan singkat ini hanya melihat bahwa salah satu, kembali saya tuliskan salah satu pencapaian Valuable Person diantaranya dapat memenuhi pendapatan yang mencukupi sesuai tanggung jawabnya dan tingkat kehidupan yang dipikirkannya serta punya waktu dengan orang-orang yang dikasihinya.

Dalam pola yang sederhana digambarkan dalam model ini yaitu salah satu pencapaian impian banyak pribadi adalah punya waktu (t) dan mempunyai income/pendapatan atau harta atau uang ($) untuk mencapai kebutuhan/tingkat hidup sesuai tanggung jawab pribadi tersebut.

Ada 4 kuadran yang bisa digambarkan untuk perihal waktu (t) dan uang ($), yaitu :
  1. Tidak Punya uang (#$) dan tidak punya waktu (#t) : saya sebut di kuadran ini yaitu Pengacara (Pengangguran banyak acara) / Tidak Fokus/ Tidak Ter-planning/ Tidak Ter-target. Ada saja yang dilakukannya sehingga pribadi ini tidak punya waktu untuk diri sendiri dan atau orang yang dikasihi tetapi tidak produktif secara finansial. Solusinya untuk pribadi di sini perlu me-power list (menjadwal ulang tugas sesuai prioritas) tugas/kegiatan yang produktif.
  2. Punya waktu (t) dan Tidak Punya Uang (#$) : di kuadran ini pribadi-pribadi yang No Action atau Pemimpi. Solusinya untuk pribadi di sini : Impian (beda dengan pemimpi) perlu di konversi ke action dengan planning yang cerdas.
  3. Punya uang ($) dan Tidak Punya Waktu (#t) : di kuadran ini pribadi waktunya tersita dengan sibuk karier atau usaha sehingga memiliki cukup uang yang umumnya dihasilkan dari Massive & Active Income. Solusi pribadi di sini perlu merubah massive dan active incomenya ke arah passive income supaya mempunyai waktu pribadi dan untuk orang-orang yang dikasihi.
  4. Punya Uang ($) dan Punya waktu (t) : di kuadran ini berdasarkan statistik paling banyak 3% dari populasi. Pribadi di sini telah mempunyai pola pikir, impian, perencanaan yang cerdas yang dikonversi ke Action yang tepat dan benar sehingga pribadi-pribadi tersebut mempunyai cukup tingkat finansial dan waktu untuk selalu dekat dengan diri sendiri dan orang-orang yang dikasihi sehingga bisa berbuat lebih baik lagi buat diri senidri, orang yang dikasihi dan sesama.
Rata- rata pribadi saat ini adalah selalu tersita waktunya dalam  sibuk karier atau usaha, namun demikian dalam perilah tingkat finansial atau uang yang dimiliki pas-pasan atau tergerogoti pengeluaran. Solusi untuk rata-rata pribadi akan disharing secara bertahap dalam hal Pengelolaan uang secara sehat di blog ini.

Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat.