Tuesday, July 9, 2013

Manfaat Produk Perlebahan utk Kesehatan : Madu, Pollen, Propolis, Royal Jelly


Mari kali ini kita sharing lebah sbg pengetahuan & mengenal produk perlebahan yg bermanfaat buat kesehatan, secara detail dapat dilihat dalam tulisan-tulisan di http://osasuntsua.blogspot.com

Begitu mendengar kata lebah pasti ingat madu, sarang, sengat dan mampu bekerja dalam gelap. Ada kata lain seperti pollen, propolis, royal jelly, sehat, steril, awet.

Madu adalah nutrisi yg ribuan tahun telah digunakan baik untuk meningkatkan stamina, menjaga kesehatan, penyembuh luka luar, pengawet, sumber energi tercepat, untuk kesehatan pernafasan, dll.

Sarang lebah dianggap lebih steril dari ruang operasi rumah sakit yang harus bebas kuman, bakteri & virus. Ternyata ditemukan ada dalam ribuan tahun, sarang lebah ada yang masih awet.

Lebah tidak punya imunitas & rentan terhadap penyakit, dengan demikian lebah mempunyai sistem perlindungan kesehatan, yaitu propolis sebagai penjaga perlindungan lebah dari antibakteri, antivirus, antioksidan dll.

Selain madu, produk perlebahan yang bermanfaat buat manusia adalah propolis, pollen, royal jelly dan produk turunannya. 

Empat produk unggulan ini bisa disebut 4 produk dari kehidupan lebah yang sangat berguna, 4 in 1 dari lebah.

  • Madu adalah makanan alami untuk menjaga kesehatan seperti sumber energi yang bisa langsung terserap, memperbaiki sistem pencernaan, pengencer dahak, penyembuh luka berair atau bernanah.
 
  • Propolis berfungsi dan bermanfaat sebagai antibakteri, antivirus, antijamur, antiperadangan, stimulasi kekebalan, antioksidan. Untuk lebah propolis bermanfaat dalam melindungi & me-sterilkan sarang.

 
  • Pollen bermanfaat untk memenuhi tubuh untuk nutrisi penting, metabolisme tubuh, meningkatkan tenaga & stamina, meningkatkan kinerja otak & konsentrasi, dan untuk kekebalan.



  • Royal Jelly bermanfaat dalam memperpanjang rentang hidup, antipenuaan, keremajaan & kelenturan kulit, sistem reproduksi, daya ingat, sistem syaraf, osteoporosis.
 

Berikut sharing kehidupan koloni lebah dan kaitan manfaat 4 produk perlebahan di atas : madu, pollen, propolis & royal jelly.

Dalam sarang ada 3 jenis lebah : ratu lebah (queen bee), lebah jantan (drones) & lebah pekerja (worker bee).

Ratu lebah bertugas bertelur saja. Lebah jantan tugasnya membuahi sang ratu lebah setelahnya mati.
Ada 3 kelompok lebah pekerja yaitu lebah perawat (nurse bees), lebah pencari (scout bees), lebah pengumpul (collector bees).  Dalam satu sarang atau koloni lebah bisa beranggotakn 80ribuan lebah. Dalam satu sarang, hanya ada 1 ratu lebah. 

Lebah berkomunikasi diantara anggotanya dengan bau, getaran, dan interaksi fisik. Dengan demikian, dalam gelap lebah masih bisa bekerja dengan baik.
  • Lebah perawat bertugas merawat ratu, anak2 dan larva. Selain itu lebah perawat memproduksi royal jelly, memberikan ratu dan larva makanan dengan royal jelly, pollen dan madu.
  • Lebah pencari bertugas mencari sumber pollen, nektar dan propolis. Info kemudian disampaikan lebah pencari agar "lebah pengumpul" melakukan pengumpulan atas makanan tersebut.
  • Lebah Pengumpul bertugas mengumpulkan pollen dari tipe bunga yang sama sampai habis. Pollen dicampur madu dari mulut & kemudian disimpan di kantong di kakinya. Lebah pengumpul menghisap nektar dari spesies bunga yang sama dalam tiap putaran pengumpulan.
Madu dan pollen adalah makanan ratu dan larva. Royal Jelly khusus sebagai makanan ratu seumur hidupnya dan makanan selama 3 hari dari larva.

Ratu bertelur tiap hari 2000 dan semua menetas krn tiap hari konsumsi royal jelly. Umur ratu lebah berkisar 40 X lebah pekerja.

Royal Jelly sebagai makanan khusus ratu lebah seumur hidupnya bermanfaat untuk reproduksi, tingkatkan fertilitas, antipenuaan, peremajaan kulit, naikkan rentang hidup & gantikan sel rusak. Lebah pekerja meng-konsumsi royal jelly 3 hari sisanya pollen. Tubuhnya lebah lebih besar dari sayapnya. Hal ini logis, pollen bermanfaat untuk sumber energi & tenaga, sehingga bermanfaat yang aktif berkegiatan.

Propolis yang dioleskan di sarang untuk menjaga dari penyakit karena lebah rentan sebagai perlindungan dari sumber penyakit. Sehubungan hal tersebut, sarang lebah menjadi lebih steril bahkan dari ruang operasi RS. Propolis bermanfaat sbg antioksidan, antibakteri, antivirus, antijamur, dan stimulasi kekebalan tubuh.

Produk perlebahan 4 in 1, manfaat ringkasnya ;
1. imunitas & penyembuhan dg PROPOLIS,
2. energi & tenaga dg POLLEN dan MADU,
3. peremajaan sel+sistem syaraf+fertilitas dg ROYAL JELLY.

Lengkap sudah sharing nutrisi dari produk perlebahan ini, info bisa di http://t.co/9v10fQr5Wv pin 29F4C71B sms 085778164578 atau 081384600967

Maka dengan demikian lahir blok ini : Hidup Sehat Sejak Saat ini:
1. Nutrisi Sehat,
2. Pola Hidup Sehat
3. Pengelolaan Keuangan Sehat. 

Salam Pola Hidup Sehat.

Powered by Telkomsel BlackBerry®