Friday, March 7, 2014

Batasi penggunaan kartu kredit

Jaman modern dan penuh life style saat ini membawa dilema buat orang yang ingin hidup dalam kelimpahan gengsi. Banyak tawaran yang menggiurkan dan membuat ‘kebahagiaan’ atau kesenangan di awal. Semuanya ada harganya dan bahkan bisa dihutang dulu. Cukup menggesek dengan kartu kredit. Makin banyak menggesek poin yang diperoleh dan ‘kemewahan’yang diperoleh akan makin banyak.
Tapi ingat itu semua konsumsi, alias uang keluar dari kantong. Lha wong uangnya belum ada pinjam dulu melalui kartu kredit. Kalau dihitung plus bunganya khan walah-walah beban yang harus ditanggung atau dicicil kemudian. Bahkan bisa-bisa penghasilan akan terimbun alias lebih kecil dari pengeluaran.
Kartu kredit adalah alat pembayaran jaman modern yang penggunaannya harus dengan bijaksana. Sebaiknya cukup punya 1 kartu kredit dan pembayaran tagihan segera pada saat jatuh tempo tagihan berikut dibayar lunas. Kalau tidak bisa berabe, udah hutang, plus bayar bunga. nah kalau ga bisa bayar dan ditagih debt collector, tambah berabe. Amit..amit..jangan sampai.