Friday, March 7, 2014

Keajaiban dunia ke-8

Wah selama ini keajaiban dunia ada 7, yang ke delapan apa ya ? Einstein menyatakan keajaiban duni ke-8 adalah bunga majemuk alias bunga berbunga.
Simpelnya, jika kita mulai menabung atau berinvestasi sejak sekarang, maka aset akan terus bertambah sesuai pertumbuhannya secara majemuk. Misalnya investasi pada waralaba sebesar Rp. 10 juta yang diperkirakan balik modal 1 tahun (pesimis). Nah aset dalam setahun menjadi Rp. 20 juta. Jika kondisi tetap sama dan sudah mencakup dan mempertimbangkan faktor risiko, hasil investasi tersebut dibelikan lagi waralaba yang sama (asumsi tidak ada kenaikan harga kontrak kerjasama dan waktu BEP (Break Event Point)/waktu balik modal) , maka dalam waktu 5 tahun akan menjadi Rp. 320 juta. Padahal itu mulai dari Rp. 10 juta, nah jika dianggap faktor kegagalannya 50% dan baru BEP dalam waktu 2 tahun, hasil investasinya menjadi Rp. 60 juta. Harap dicatat peru dipertimbangkan faktor risiko dan pengetahuan komprehensif tentang investasi dimaksud. Angka di atas sebagai ilustrasi di atas kertas. Soalnya habis liat pameran waralaba.  Lumayan bukan ?
Bagaimana jika Rp. 10 juta tersebut ditanamkan dalam investasi per tahun memperoleh 8% ? Hasil setelah 5 tahun menjadi Rp. 15,8 juta. Lumayan juga khan.
Yang patut diingat dalam berinvestasi kenali uang profil pendapatan Anda, kebutuhan Anda,  jenis investasi, risikonya, pokoke invormasi komplet yang benar. Dan patut dicatat kinerja (hasil investasi) masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Selamat mempertimbangkan dengan keajaiban dunia ke-8 ini.