Saturday, July 13, 2013

Mari Mengenali Demam Berdarah dan Solusinya


Mari mengenal Demam Berdarah, disarikan dari Majalah Harmony, Mei 2013. 

Demam berdarah meruapakan penyakit pendarahan akut, ditemukan pertama kali 1780-an bersamaa di Asia, Afrika dan Amerika Utara. 

Perkembangan penyakit ini meningkat diduga karena pemanasan global, bahkan 2,5juta orang tinggal di daerah rawan demam berdarah. Aedes Aegypti nyamuk media penyebar penyakit berkembang pada suhu yg hangat, curah hujan lama, pemukiman tak layak dengan penyimpanan air potensial berkembangnya nyamuk tersebut. Bahkan korban sudah mulai ditemukan di daerah bersuhu sedang (sub tropis).

Sampai saat ini belum ada obat atau vaksin utk melawan virusnya. Penderita diberi cairan plasebo utk suplai cairan dan nutrisi dalam tubuh, disertai suplemen utk memperkuat daya tahan tubuh.

Virus dengue bertahan dari nyamuk betina ke telurnya, nyamuk betina ke jantan dg kontak seksual dan ke dalam tubuh mahluk vertebrata (termasuk manusia). 

Nyamuk yg menggigit manusia dlm 4 hari mereplikasi sehingga virus bisa memasuki sirkulasi darah dan mengalami kenaikan panas tubuh.

Ada 4 gejala demam berdarah :
1. Penderita mengalami demam tinggi (hingga 40 derajat Celcius).
2. Demam tetap terjadi dan mulai terjadi perdarahan spontan.
3. Terjadi kegagalan sirkulasi yang disertai dg sakit kepala, peningkatan denyut nadi, badan sangat lemah, dan mengalami gelisah.
4. Renjatan, yaitu penurunan tekanan darah disertai nadi yg tidak teratur.
Biasanya ruam kemerahan pada kulit, timbul bercak-bercak merah di muka, lengan, tungkai dan langit-langit mulut. Jika parah, mimisan dan pendarhan gusi akibat pecahnya pembuluh darah. Keadaan lebih berta dpt menyebabkan pendarahan organ pada tubuh. Angka tombositnya kurang dari 100ribi/mm3, hematrokit lebih tingg (sekitar 20%) dari keadaan normal.

Fase kritis pada hari ke-3 sd ke-5, suhu tubuh menurun, keluar keringat berlebihan, gelisah, kaki tangan dingin. Fase ini risiko syok dapat berakibat fatal meningkat.

Hari ke-1 sd ke-7 fase paling berbahaya, trombosit menurun, titik terendah biasanya hari ke-5, belum tentu kondisi pasien sudah membaik. 

Sehubungan sering dianggap demam biasa kerap jika tak ditolong medis dan sampai pd derajat IV dan pasien terlambat mendapat pertolongan.

Jadi jika ada gejala demam segera periksakan ke medis.

Paling baik mencegah dengan 3 M (menguras teratur dan taburi bubuk abate, menutup penampungan air, mengubur yg dpt menampung air hujan).

HDI menyediakan produk yg dapat membantu baik mencegah atau mengatasi demam berdarah.
1. Propolis : hari pertama 4 tablet tiap 2 jam (2 x) dan 2 tablet 2 jam berikut. Hari ke-2 2 tablet tiap 4 jam.
2. Honeybeepollens utk usia 6 bulan sampai 12 tahun konsumsi 1/4 sd 2 tablet per hari.

Ingin tahu lebih banyak atau beli produknya kontak pin BB 29F4C71B sms 085778164578, 081384600967
Salam Pola Hidup Sehat
Powered by Telkomsel BlackBerry®