Wednesday, July 3, 2013

Propolis Pertahanan Lebah terhadap Penyakit


Lebah sudah berumur ribuan tahun, diperkirakan 5000 tahun lalu sudah ada lebah. Sebagai binatang jenis serangga bisa bertahan ribuan tahun sungguh luar biasa.

Banyak sekali musuh binatang sejak dulu, selain sesama binatang seperti beruang, manusia juga menggemari semua produk lebah.

Paling rentan, lebah terhadap penyakit seperti bakteri dan virus. Sedangkan anehnya diperkirakan lebah satu-satunya binatang yang tidak mempunyai imunitas.

Di sisi lain sarang lebah lebih steril dibandingkan kamar operasi. Sedangkan untuk kepentingan medis, kamar operasi disterilkan dengan standar tertentu agar virus dan bakteri tidak menjangkiti manusia yang sedang sakit dan akan dioperasi karena kerentanannya.

Penelitian menemukan bahwa sarang lebah yang steril tersebut diolesi dengan propolis. 

Bahan propolis dari bahan tumbuhan di lingkungan sekitar lebah yg bisa berfungsi untuk mensterilkan sarang lebah. Salah satunya dari pohon pinus diambil lebah, disekresi dalam mulutnya dan dioleskan di dinding sarang lebah.

Sarang lebah menjadi steril terhadap virus, bakteri dan sebagai antioksidan tingkat tinggi. 

Dengan demikian meski lebah tak memiliki imunitas, propolis di sarang lebah tersebut membuat lebah tidak terjangkit penyakit. Kita khan tidak mendengar ada lebah terserang wabah penyakit atau hama.

Pernah diteliti bahwa bangkai tikus yang diolesi propolis tidak membusuk atau ada perlambatan dalam pembusukan.

Beberapa manfaat produk propolis diantaranya : antibakteri, antivirus, antijamur, antiperadangan, antibiotik alami, meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, anti-oksidan yang tinggi, menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida sehingga membantu melindungi jantung.

Untuk tahu lebih lanjut berikut linknya di


atau


Salam Pola Hidup Sehat


Powered by Telkomsel BlackBerry®