Friday, March 7, 2014

3 Langkah Untuk Berhasil dan Berdayaguna

Ada seseorang memberikan saya satu pegangan yang sampai sekarang sering menjadi pemikiran tiap hari. Dalam hidup ini ada 3 langkah utama untuk berhasil dalam hal apa saja dan berdaya guna.

Wah saya hampir tidak percaya, mana mungkin cuma 3 langkah ?

Banyak sekali rumus dan petunjuk bahkan seminar yang bayarnya sampai mahal mempunyai cara-cara yang aneh-aneh dan katanya sudah terbukti. Kok ini hanya 3 langkah.

Apa ya ? Coba untuk kali ini saya mau dengarkan dach, baru nanti memberikan komentar atau tanggapan, boleh sependapat boleh tidak khan ?

1. Jangan Takut Berfikir Besar vs Bermimpi Besar (Big Target)

Bermimpi besar adalah kegiatan yang sering dilakukan banyak orang. Bermimpi khan gratis, boleh dong bermimpi. Mimpi jadi orang kaya, mimpi jadi populer atau mimpi untuk berkuasa.

Jika mimpi sudah usai ada 2 hal yang bisa dilakukan, pertama mimpi lagi sehingga hidup jadi terlena. Kedua mengeluh kenapa mimpi tersebut hilang ditelan realita. Padahal khan baru saja merasakan mimpi yang indah sehingga sampai terbuai ?

Berfikir besar adalah proses dalam diri bahwa dalam waktu tertentu mempunyai target atau tujuan yang dengan usaha dengan kesungguhan dan penuh keyakinan akan tercapai. Caranya dan prosesnya akan ditempuh. Keyakinan dan tekad bulat bahwa Big Target tersebut akan tercapai.

Untuk pelaksanaannya lanjut ke langkah ke-dua. Sedangkan untuk mimpi kembali berkutat pada langkah pertama tidak menerus ke langkah kedua.

2. Buat rencana dengan keyakinan penuh dan selalu sempurnakan reencana tersebut sambil jalan (Condifent Plan)

Big Target atau berfikir besar yang sudah diangankan di langkah pertama perlu dicari jalannya 
dengan langkah kedua ini.

Ada 3 modal penting untuk merinci pada langkah kedua ini yaitu :

  • Integritas
Integritas merupakan bukti kesungguhan dan kepercayaan diri bahwa diri ini akan menuju dan mencapai big target tersebut. Integritas akan memupuk kepercayaan pihak lain, baik pihak ketiga yang akan diajak kerja sama, team, dan untuk selanjutnya bentuk Big Target tersebut akan mewujud.
  • Depth (Kedalaman Pengetahuan)
Depth merupakan proses bahwa dengan berjalannya waktu, sehubungan difokuskan pada target yang sudah dicanangkan, pengetahuaan akan target tersebut akan makin dalam dan makin detail. Misalnya Big Targetnya A, suka ga suka, mau ga mau, karena daya upaya diarahkan pada A maka kedalaman pengeta4huaan untuk mencapai A akan makin mengetahui dan makin memahami detailnya.
  • Wawasan
Wawasan merupakan kelengkapan dari Integritas (dari dalam diri), Depth (fokus menuju tujuan) dan wawasan (keluasan dan kelebaran informasi) yang diketahui sehingga waktu dan cara untuk mencapai Target Utama (A) menjadi lebih berdaya guna dan berdaya upaya. Wawasan bisa diperoleh dari mana saja, teman, informasi media (buka, seminar, internet) dan bahkan dari saingan.
Alangkah bagus jika langkah secara komprehensif, sistematis dan lengkap sudah bisa disiapkan sebelum dilaksanakan. Namun jika ada rencana sederhanapun Target Besar akan dapat dicapai. Makin lengkap dan makin teliti serta makin sempurna suatu rencana, waktu dan cara mencapai Target Besar akan makin mudah.

Yang penting ada passion, semangat untuk mencapai Target Besar tersebut dengan penuh kesungguhan dan keyakinan.

Rencana dengan berjalannya waktu bisa disempurnakan.

3. Ambil kangkah dan kerjakan pada Target Jangka Panjang tersebut (Execution)

Inilah langkah yang buat penghayal sering tidak dilakukan, buat pemimpi tidak dikenal, dan buat banyak orang ditakuti.

Sering kita dengar dari orang-orang yang berhasil, tindakan mendakului pikiran. Artinya seringkali langkah ke-3 ini mendahului atau sebagai trigger (pemicu) untuk memunculkan langkah 1, 2 dan 3. Jalani dulu lalu definisikan langkah besar (langkah pertama), buat detail rencana yang selalu disempurnakan (langkah kedua) dan melangkah terus (execution) sampai berhasil (langkah ketiga).

Winston Churchill mengatakan kekalahan dalam berusaha adalah pada saat menyerah. Tiap ada kegagalan, ada kegagalan, ada kegagalan lagi, selama selalu bangkit lagi bangkit lagi, gagal, bangkit lagi, gagal bangkit lagi, keberhasilan hanya menunggu waktu.

Ada pidatonya yang sangat terkenal dihadapan mahasiswa yang menunggunya untuk berpidato Winston Churchil hanya menyampaikan 3 kata yang berdaya guna yaitu : NEeeveerr Neeeverrr Give Up

Orang yang menyerahlah yang kalah.

Cinere, 18 Maret 2010, 12 : 30 am