Friday, March 7, 2014

9 Dimensi Krodati Manusia

Saya sekarang sedang suka menulis dan men-sharing kembali catatan-catatan kecil untuk di-post ke blog-blog saya. Sungguh cukup banyak catatan yang bisa saling dibagikan dan didiskusikan untuk menjadi bahan menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

Isi dan hasil permenungan ini bukan hanya hasil permenungan sendiri tetapi lebih pada kompilasi dari hasil diskusi dengan sahabat, guru-guru berbagai bidang ilmu, buku, atau inspirasi yang hadir begitu saja.

Untuk kali ini terfikirkan, kira-kira hal apa saja yang melekat pada tiap pribadi manusia di manapun, tanpa memandang jenis kelamin, usia, suku, keturunan, tingkat sosial dan golongan apapun.

Saya memilih judul dimensi kodrati manusia. Judulnya agak berat tapi isinya ringan untuk permenungan diri bahwa 9 dimensi ini ada di masing-masing kita manusia ciptaan Tuhan Maha Esa yang selalu melimpahkan berkat dan kasihNya pada semua umat manusia secara adil dan tanpa batas.

Apa saja dimensi kodrati manusia ?

1. makan dan minum

Manusia lahir dan bertumbuh dari bayi sampai dewasa mempunyai kegiatan yang tiada henti. Untuk memberikan energi dan bahan pertumbuhan manusia perlu makan dan minum.

Makan biasanya dilakukan 3 kali setiap hari, pagi, siang hari dan malam hari. Minum dilakukan sehabis makan dan tiap waktu untuk sirkulasi metabolisma tubuh, biasanya dibutuhkan sekitar 2 liter atau sekitar 10 gelas per hari.

Makan pagi diperlukan sehubungan sebelum melakukan kegiatan pagi ada pembakaran energi. Jika bahan untuk pembakaran energi dari cadangan, pagi-pagi tubuh sudah mengambil cadangan energi sdangkan mesin tubuh baru mulai bekerja. Dengan demikian dianjurkan makan pagi sebaiknya selalu ada tiap paginya. Penelitian menyebutkan jika tidak makan pagi akan meracuni otak, nahh lhoo. Makan pagi diperlukan sehubungan kegiatan sudah dimulai di pagi hari dan diperlukan energi, simplenya seperti itu.

Makan siang diperlukan sehubungan badan yang sudah melakukan kegiatan perlu diisi lagi energinya. Biasanya makan siang cukup banyak alias kenyang, energi yang sudah dibakar dari pagi sampai siang cukup banyak dan sampai malam masih diperlukan energi cukup banyak lagi untuk melakukan kegiatan sampai malam hari.

Makan malam merupakan penutup dan penggantian energi untuk kegiatan sampai malam sebelum tubuh diistirahatkan. Makan malam bervariasi untuk tiap orang, ada yang makan berat/kenyang atau makan sederhana tergantung masing-masing kebutuhan.

Minum adalah salah satu komponen penting dalam metabolisma atau saat pembakaran energi. Prosentase yang cukup besar dari tubuh adalah air, air tersebut perlu untuk sirkulasi, berdasarkan penelitian sekitar 2 liter diperlukan air per harinya. Anjurannya 2 liter tersebut adalah air bersih yang memenuhi standar kesehatan. Sesuai perkembangan jaman dan makin sulitnya air bersih diperoleh, sehubungan kebutuhan air adalah suatu hal wajib untuk tubuh, pemenuhan air saat ini menjadi satu peluang usaha sehingga  terbentuk perusahaan-perusahaan penyedia air bersih.

Saat ini, kegiatan makan dan minum bahkan menjadi suatu life style dan menjadi semacam ritual yang di tiap daerah dan kebudayaan cukup unik. Di Itali warung kopi merupakan rumah kedua, di warung kopi  selain untuk menikmati kopi juga untuk bercengkerama dengan sahabat atau kenalan. 

Sehubungan perlunya kegiataan makan dan minum ini, maka dikenal istilah berikut: waktu minum teh, coffe break, lunch time, breakfast, brunch, restoran, warung tegal, rumah makan, coffe shop, waktu istirahat makan dan lain sebagainya.

Untuk kegiatan makan dan minum juga perlu diperhatikan soal kualitas makanan dan minuman yang sehat, soalnya yang semula maksud awalnya untuk kebutuhan supaya sehat jangan malah jadi sebaliknya. 

2. BAB

BAB yang dimaksud di sini adalah Buang Air Besar. Sebagai kelanjutan poin satu, setelah makanan dibakar untuk menjadi energi atau melalui proses metabolisma dalam tubuh akan terdapat ampas atau sampah hasil metabolisma tersebut.

Untuk pembuangan sampah tersebut maka ada kegiatan BAB. Suatu hal yang wajar baik di rumah, kantor, sekolah, dan mall terdapat WC. WC adalah tempat untuk BAB atau BAK (Buang Air Kecil). BAB dan BAK merupakan kegiatan normal sebagai manusia, tiap orang pasti melakukannya.

Untuk kesehatan dianjurkan  BAK tiap dibutuhkan, sedangkan BAB paling tidak 1 kali per hari. Tidak mengenakkan jika kemanapun pergi membawa sampah dalam tubuh khan, paling enak begitu ada tempat dan kesempatan sampah tersebut langsung dibuang.

3. mandi

Di daerah tropis, kegiatan harian membuat manusia berkeringat dan debu serta kotoran menempel pada tubuh. Dengan demikian di daerah tropis diperlukan untuk membersihkan badan 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari. Istilah membersihkan badan ini dikenal  dengan istilah mandi.

Di tiap rumah dan hotel suatu kebutuhan adanya penyediaan fasilitas kamar mandi. 

Cara mandi dan  bentuk kamar mandi beraneka ragam, ada yang menggunakan bak mandi, shower/pancuran air atau bathup untuk berendam. Ada juga kok kolam atau sungai yang sering dipakai berendam dan mandi daerah tertentu.

Berenang adalah kegiatan yang secara tidak langsung berkaitan dengan mandi. Awalnya mungkin ingin mandi tetapi ternyata dengan berenang bisa berolahraga.

Di daerah selain tropis kegiatan mandi biasanya jarang dilakukan. Bisa jadi dalam 1 minggu manusia baru mandi 1 kali. Selain hawa dingin, kebiasaan dan ritual mandi yang berbeda maka mandi dilakukan agak jarang dilakukan.
    
4. tidur

Tubuh yang melakukan kegiatan tiap harinya perlu untuk istirahat. Setelah seharian melakukan aktivitas tidur dilakukan pada malam hari. Jangka waktu tidur bervariasi berkisar antara 6 sampai 8 jam. Dianjurkan dari sisi kesehatan tidur berkualitas selama 8 jam. 

Bahkan dianjurkan pada siang hari meski tidur hanya 10-15 menit diperlukan untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung. 

Soal kualitas tidur sangat penting, namun kenyataannya dalam jaman modern ini tidur nyenyak sering menjadi semacam barang mewah. Ada orang-orang tertentu sulit tidur nyenyak selama 8 jam sehari. 

Ada saja yang menggelayuti pikiran sehingga meski tidur tetap dilakukan namun kualitas tidur nyenyak selama 8 jam sehari jarang dimiliki orang modern yang cukup padat kegiatannya.

5. kesehatan

Kesehatan adalah barang yang mahal. Pola hidup berkaitan dengan kualitas kesehatan seseorang. 

Pola hidup disiplin dan pola sehat untuk butir 1 sampai 4 di atas akan didapat kualitas kesehatan yang baik. Sebaliknya pola yang berantakan akan menyebabkan kesehatan terganggu.

Jika pola disiplin untuk butir di atas dilakukan tiap orang, tidak diperlukan butir 5 ini. Pada saat ada penurunan kualitas kesehatan ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu pertama preventif/pencegahan dan kedua pengobatan.

Preventif dilakukan dengan melakukan pola butir 1 sampai 4 di atas secara disiplin dan dengan kualitas yang baik. Tambahan yang diperlukan adalah olahraga untuk menaikkan stamina dan kekebalan tubuh akan kemungkinan serangan penyakit.

Pengobatan dilakukan karena kualitas kesehatan yang baik tidak tercapai. Maka dikenal dengan profesi dokter yang merupakan pihak untuk memperbaiki buruknya kualitas kesehatan. Seharusnya setelah penyembuhan, langkah berikut adalah melakukan disiplin dan kualitas atas butir 1 sampai 4 sehingga nantinya tidak diperlukan lagi ke dokter. 

Sebaliknya seringkali terjadi setelah ke dokter dan kesehatan dipulihkan, pola hidup kembali seperti semula, sehingga ada kemungkinan kembali diperlukan lagi berkonsultasi ke dokter. 

Jika pola sehat dilakukan untuk butir 1 sampai 4, mungkin tidak diperlukan lagi profesi dokter, kenyataannya justru profesi dokter makin diperlukan.

Dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan disiplin melakukan butir  1 dan 4 secara sehat plus melakukan olahraga rutin dan terukur.
       
6. senyum

Mengapa senyum saya masukkan dimensi kodrati manusia ?

Saya pernah membaca suatu tulisan, otot wajah yang digerakkan saat senyum lebih sedikit daripada saat cemberut atau marah. Dengan demikian energi yang diperlukan untuk senyum lebih sedikit daripada jika cemberut.

Makin sedikit energi yang dikeluarkan, energi yang dibuang percuma makin sedikit jadi lebih hemat.

Di sisi lain senyum merupakan pancaran tanggapan positif atas keadaan dan orang lain. Dengan adanya aura positif membuat kehidupan lebih konstruktif dan menuju tingkat yang lebih baik. Secara psikologis senyum memberikan motivasi dan tanggapan positif terhadap orang lain. Jadi kalau senyum dibagikan secara ikhlas pada tiap orang tentunya akan lebih baik buat kehidupan ini.


7. persahabatan

Manusia tidak bisa hidup sendirian. Hidup manusia bersama orang lain, saling ketergantungan dengan orang lain dan saling berbagi dengan orang lain.

Persahabatan merupakan cara untuk lebih merekatkan hubungan antar manusia. Persahatan merupakan tingkat hubungan yang lebih mendalam antar pribadi. Dengan adanya persahabatan, masing-masing pribadi mempunyai pengakuan, kepercayaan diri dan dukungan untuk bekerja lebih baik pada saat ini dan di masa depan.

Manusia tidak mungkin bersahabat dengan terlalu banyak orang karena frame kehidupan hanya 24 jam per hari. Mempunyai sahabat beberapa orang saja dengan kualitas persahabatan yang tinggi tetap lebih baik daripada sama sekali tidak mempunyai sahabat.

Ada pepatah menyatakan mempunyai 100 sahabat terlalu sedikit, sedangkan mempunyai musuh 1 orang terlalu banyak.

8. penyaluran kesukaan

Saya lebih suka memakai kata kesukaan daripada hobi. Hobi lebih tekesan serius dan mendalam. Saya hanya mau menyatakan bahwa ada hal-hal kecil yang dilakukaan yang bisa membuat orang memiliki kegembiraan atau kebahagiaan dari suatu kegiatan kecil yang suka dilakukan suatu pribadi.

Misalnya saja saya suka minum kopi. Ada ritual tiap hari yang dilakukan dengan minum kopi, paling tidak 1 cangkir per hari. Kesukaan saya adalah minum kopi. Setelah saya minum kopi saya bersemangat untuk melakukan kegiatan pada hari ini.

Nah  silahkan gali kesukaan Anda, bisa jadi lebih dari satu dan kegiatan yang sederhana saja. Beberapa contoh kesukaan diantaranya minum kopi, menyapu, membereskan kamar,  jalan-jalan di gang-gang, menyapa semua orang yang ditemui, naik sepeda dipagi hari dan lain sebagainya.

Lakukan kesukaan Anda yang membuat Anda gembira sehingga bisa membagikan kegembiraan dan kebahagiaan pada lingkungan sekitar Anda.

9. Panggilan Hidup

Point terakhir ini agak berat, tetapi inilah sebenarnya jati diri yang unik dari tiap pribadi. Tiap manusia unik alias berbeda satu dengan yang lain. Di sisi lain tiap manusia dibekali bakat bisa satu bisa banyak.

Berdasarkan anugrah yang diberikan pada tiap pribadi, kewajiban tiap pribadi untuk memperkembangkan bakat, kemampuan dan unik nya tiap pribadi untuk menjadi pribadi pada kualitas yang lebih baik.

Misalnya seseorang yang diberikan bakat melukis, setelah melalui proses kehidupan ternyata pribadi tersebut merasakan bahwa panggilan hidupnya adalah sebagai pelukis. 

Dengan demikian panggilan hidupnya sebagai pelukis perlu dikembangkan. Orang tersebut harus  dengan kesungguhan memperkembangkan panggilan hidupnya sebagai pelukis sehingga kualitas nya sebagai pelukis meningkat dan sebagai pribadi mempunyai kualitas hidup yang bisa memberikan kebahagiaan baik buat diri sendiri dan orang lain.

Apa panggilan hidup Anda ???
   
Nah demikian Dimensi Krodati Manusia menurut versi saya. Bagaimana menurut Anda ?

Pulogadung Jakarta, 20 Maret 2010, 6:09 am