Friday, March 7, 2014

5 hal yang wajib selalu dibawa kemanapun

Judul di atas aneh beneer. Hehehehe... terbersit sesaat kok, pernah terpikirkan sudah cukup lama dan memang penting makanya ditulis judul di atas.

Sekarang jadwal dan kegiatan tiap pribadi termasuk kita masing-masing cukup padat dan banyak bercabang. Jika tidak pintar-pintar mengelola kehidupan pribadi, adanya kesal atau bisa-bisa buat bad mood. 

Seringkali ada hal-hal kecil justru bisa merusak keseluruhan rencana hari ini. Tidak enak khan hal-hal sepele mempengaruhi banyak kegiatan utama di hari ini.

Ide tulisan ini ada karena bertahun-tahun lalu adikku menanyakan hal ini dan saya sampaikan poin-poi berikut yang sampai saat ini setelah dingat lagi  item-itemnya tidak berubah hanya disesuaikan dengan kemajuan jaman.

Hal-hal apa saja yang kemanapun kita pergi harus atau wajib selalu di bawa ?

1. KTP

Hampir dimanapun identitas diri perlu dipunyai. Identitas diri tidak berlaku hanya omongan atau verbal, perlu ada dokumen resmi yang menyatakan nama, alamat dan data-data pribadi kita masing-masing.

Terlebih lagi untuk masuk ke gedung-gedung tertentu yang modern perlu ditinggalkan data identitas, nah lho kalau tidak bawa khan tidak masuk dan rencana meeting atau pertemuan hari ini bisa batal.

Untuk pembukaan account/rekening bank atau beberapa pengurusan dokumen yang berhubungan dengan birokrasi diperlukan KTP. Jadi membawa KTP seharusnya otomatis. 

Jangan lupa selalu diperiksa bahwa KTP yang dibawa masih berlaku alias tidak kedaluwarsa.

 2. Kunci

Wah kok kunci ya ? Ceritanya ini untuk mahasiswa yang kost, karyawan yang kontrak atau yang memiliki rumah tetapi penghuninya cukup padat jadwal kegiatannya sehingga ada saat-saat tertentu rumah kosong.

Khan bisa bad mood pas pulang ke tempat tinggal ga bisa masuk alias gigit jari. Kunci dimaksudkan aksesbilitas ke tempat tinggal atau ke tempat tidur pribadi adalah 24 jam.  Ga asiik khan pas pulang mau istirahat ga ada kunci dan tidak masuk ke kamar atau rumah.

3. Uang

Tiap hari selalu ada saja kegiatan yang membutuhkan uang, sedikit banyak tergantung kebutuhan masing-masing pribadi. Beberapa kebutuhan utama harian yang sering dikeluarkan masing-masing pribadi diantaranya : uang transportasi/uang bensin, uang makan, uang berjaga-jaga jika dibutuhkan untuk kegiatan tak terduga, dan uang untuk keperluan khusus hari ini.

Saya pernah mengalami kehabisan uang atau tidak membawa uang sama sekali. Untungnya ada teman kantor, sehingga terpaksa pada hari itu pinjam uang sehari hanya untuk kebutuhan sampai besok atau sampai mencapai ATM terdekat. Kebetulan ketemu teman, nah lho kalau tidak ketemu teman atau ATM terdekat, kebutuhan sederhana bisa bikin kesal khan.

Uang yang dibutuhkan sebesar yang diperlukan hari itu dan uang tak terduga, jadi sebaiknya membawa lebih dan pecahannya cukup bervariasi, sehingga jika diperlukan tidak perlu menukarkan.

  
4. Gadget

Ini adalah sahabat setia pada masa platinum saat ini. Generasi saat era informasi sekarang disebut generasi platinum. Informasi sangat diperlukan tiap saat, komunikasi diperlukan tiap saat dan bahkan jawaban diperlukan tiap saat.

Bentuk gadget bisa macam-macam, yang paling sederhana adalah handphone yang bisa telpon dan berkirim sms. Lebih canggih lagi PDA atau smartphone yang sekretaris digital dan bisa di bawa ke mana-mana. 

Data dan aplikasi yang terangkum dalam PDA itu diantaranya : daftar alamat, email push mail, messenger untuk chatting, office untuk bekerja mobile,  pdf/ebook reader untuk membaca mobile, camera untuk merekam saat-saat penting, camera untuk teleconference dengan video, akses internet untuk browsing internet dan berjejaring sosial, dan kemampuan lain-lain yang terus berkembang sesuai perkembangan kebutuhan dan teknolgi di era platinum.

Gadget yang dibawa seebaiknya tiap pagi atau semalam sebelum tidur diperiksa masih berfungsi dengan baik, isi baterainya penuh, keperluan hari tersebut sudah di-update sehingga memudahkan pekerjaan hari tersebut. 

Untuk pribadi yang sangat sibuk dan punya kegiatan sangat padat sebaiknya punya lebih dari 1 gadget yang datanya di-synchronice alias terupdate dengan otomatis antar gadget dan memiliki update di rumah/pc/lap top sehingga pada suatu waktu hilang, tercuri atau gadget rusak tetap masih bisa melakukan kegiatan dengan kinerja optimal.

5. ATM

Mengapa ATM diperlukan padahal butir di atas sudah mencantumkan perlunya dibawa uang. Pada saat modern ini, kegiatan sangat padat dan sering ada kejutan-kejutan jadwal yang perlu disikapi lebih bijaksana.

ATM sebaiknya dibawa, kartu kredit bukan keharusan, sehubungan keperluaan mendadak atau penting preferensi utama sebaiknya menggunakan aset lancar pribadi bukan dari hutang kartu kredit.

Khan ga lucu kalau tiba-tiba hari itu ada pertemuan mendadak calon rekan bisnis atau teman lama sekali dan diperlukan pertemuan makan siang atau makan malam di suatu tempat dan waktunya mendadak. Kalau hari itu ditangguhkan mungkin peluang untuk mengadakan pertemuan kembali hilang atau tertunda yang menyebabkan rencana-rencana berikut tertunda. 

Khan era platinum yang segala sesuatu diperlukan aksi cepat dan tepat, dimanapun dan kapan pun.

Percayalah jika poin-poin di atas diperhatikan secara pribadi dengan kesungguhan, Anda akan jadi pribadi yang sukses dan bisa bersemangat untuk menjadi pribadi yang karismatik dan menjalankan kegiatan sehari-hari dengan kinerja terbaik.

Sukses buat kita semua.

Pulo Gadung, Jakarta 20 Maret 2010 4 : 27 am