Friday, March 7, 2014

Bisnis Internet Marketing tidak Semudah Membalik Tangan

Judul di atas bukan untuk menurunkan harapan atas besarnya potensi pendapatan dari bisnis internet marketing. Justru tulisan ini untuk memberikan pencerahan bahwa dengan pemahaman yang tepat bisnis internet marketing akan lebih mudah dan cepat menghasilkan.

Menurut guru marketing Jay Abraham, guru untuk banyak marketer dan internet marketer seluruh dunia menyatakan untuk mencapai target penjualan baik pemasaran melalui internet atau pemasaran langsung prinsipnya dengan menguasai 3 hal ini :

  1. Menaikkan banyaknya nasabah/calon pembeli/kustomer.
  2. Menaikkan nilai rata-rata per order.
  3. Menaikkan frekuensi order.

Kata-kata memang lebih mudah dari pelaksanaan. Namun kata-kata sederhana dan inti dari pemasaran tersebut memang tepat. Untuk marketing via internet 3 hal tersebut dapat dijelaskan di bawah ini :

Cara menaikkan nasabah  yaitu dengan menaikkan traffic/hit atau jumlah pengunjung ke website/blog. Kedua menaikkan jumlah pengunjung yang meng-klik produk yang dimaksud. Ketiga adalah menaikkan persentase yang membeli dari produk tersebut. Untuk butir 1 saja di internet ada beberapa tahap yaitu trafic, jumlah klik dan jumlah pembelian itu sendiri.

Selanjutnya menaikkan nilai per order dengan membuat data base calon pembeli/nasabah yang mempunyai permintaan dengan tema/topik/minat tertentu. Dengan demikian dalam internet diperlukan selain database nama, diversifikasi produk, follow up, nilai tambah  dan solusi atas kebutuhan nasabah sehingga mau untuk membeli lebih banyak atau produk yang lain.

Frekuensi order dilakukan bisa dengan menaikkan traffic dan konversinya ke pembelian.

Langkah untuk 3 hal itu saja dalam internet marketing bisa bervariasi dan ada banyak strategi untuk mencapai sesuai goal target pernjualan tertentu. Dalam tulisan ini hanya ditekankan dulu atas 3 prinsip dari Jay Abraham, guru dari pemasar dan internet marketer di seluruh dunia,  itu saja dulu.

Salam.