Friday, March 7, 2014

Mencapai Finansial Freedom via Bisnis Internet

Ada 3 pertanyaan penting untuk menjawab atas pernyataan judul di atas :


  • Apa  Finansial Freedom ?
  • Mengapa bisnis via Internet ?
  • Mulai dari dari mana dan bagaimana caranya ?

Secara prinsip dan sederhana jawaban atas ketiga pertanyaan akan dijelaskan secara ringkas di bawah ini.

Finansial Freedom adalah kondisi seseorang yang tanpa bekerja terlalu banyak (bukan bekerja 9-5/masuk jam 9 pulang jam 5, Senin – Jumat/bekerja dari senin sampai jumat) mendapatkan pendapatan yang kontinu dan bisa diandalkan (passive income & residual income) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sessuai dengan keinginannya yang bisa menghidupi setidaknya keluarga intinya (bapak, ibu dan anak) setidaknya sampai akhir hayatnya dan tetap memiliki asset yang produktif. 

Besaran pencapaian finansial freedom bisa bermacam-macam, namun di USA sering disebut orang kaya jika penghasilan per bulannya sebesar 1 juta USD  atau sebesar 9 miliar rupiah. Sumber pendapatan untuk mencapai finansial freedom biasanya dari 3 sumber yaitu dari paper asset yang dilindung nilai (hedging), investasi properti yang produktif dan investasi pada bisnis yang produktif (master waralaba, bisnis sendiri atau waralaba pribadi (MLM)). Saat ini ada 2 lainnya yang penulis bisa masukan sebagai tambahan untuk mendapatkan passive income yaitu hak cipta atas produk/sistem/buku/lagu yang incomenya masih menerus sampai kapanpun juga dan program auto pilot internet 24/7/365.

Bisnis Internet bisa diandalkan untuk saat ini karena selama 24 jam, 7 hari seminggu dan 365 hari per tahun atau secara terus menerus bisa dibangun suatu sistem sehingga income selalu masuk berkaitan dengan traffic/hit, penjualan produk, membership, joint venture  atau advertising atau bentuk bisnis lainnya melalui media internet. Beberapa ide untuk mendapatkan passive income secara program auto pilot 24/7/365 diantaranya :

  1. adsense : kita menciptakan atau pengguna adsense atas iklan yang dipasangkan pada blog/site orang lain atau pribadi. Atas pemasangan iklan tersebut pihak pemasang membayar atas iklannya, pencipta adsense mendapatkan komisi dan pengguna adsense memperoleh komisi.
  2. advertising : sehubungan traffic/hit yang cukup banyak ke site/blog kita maka pihak tertentu berani membayar sejumlah biaya pemasangan iklan per waktu tertentu (harian/bulanan) kepada kita.
  3. membership : atas site yang kita buat dengan tema/topik/hobi atau manfaat tertentu membership merupakan upgrade atas free member karena mendapatkan tambahan manfaat yg akan diperoleh.
  4. penjualan produk di affiliasi : kita mempunyai produk yang dijual melalui affiliasi baik melalui paypal, clickbank dan payment gateway lainnya.
  5. member affiliasi/associate : kita menjualkan produk orang lain, atas pembelian melalui link kita, komisi akan diperoleh sejumlah yang telah disepakati penjual.
  6. joint venture : bentuk kerja sama dengan term dan kondisi tertentu.
  7. hak cipta atas produk/sistem/program/buku/lagu : atas hak cipta kita atas penjualannya akan diperoleh income baik melalui penjualan langsung atau dengan meminta bantuan internet marketer melalui affiliasi/associate.
  8. program pendidikan/pelatihan tertulis/audio/video/podcast via internet : mirip seperti hak cipta namun biasanya ini lebih kompleks seperti sekolah/pusat pelatihan/akademi hanya saja melalui media internet (dunia maya) atau digabung dengan offline/dunia real.
  9. dan lain bentuk

Untuk memulai dan caranya sangat mudah yaitu dengan cara ATM (amati, tiru dan modifikasi). Jadi cari internet marketer yang telah menghasilkan dan mempunyai keahlian tertentu yang diakui dan terbukti (proven). 
  • Amati dengan mencari informasi keberhasilannya dan jika perlu ikut semianrnya meski harus merogoh kocek terlebih dahulu. 
  • Tiru adalah termudah atas keberhasilan terseebut. 
  • Berikutnya sesuai kemampuan dan informasi yang didapat modifikasi atas pengetahuan tersebut untuk mencapai target pribadi untuk mencapai Finansial Freedom seperti yang sudah dicanangkan.


Salam.