Friday, March 7, 2014

Hidup Sejahtera dan Bermakna

Sungguh di dunia ini sering terjadi ironi, maksudnya antara keinginan dan yang dilakukan berbeda satu lagi diimpikan di satu sisi di sisi lain dihindari. Keinginan untuk kaya namun hanya sebatas keinginan dan mimpi, belum sampai batas impian. Sisi satu tidak ingin miskin tetapi di sisi lain meng-justifikasi jika kaya maka nanti jadi pribadi yang jahat.
Kata-kata yang diucapkan berulang-ulang dalam kesadaran akan mempengaruhi alam bawah sadar, konsekuensinya merubah pola pikir atau sudut pandang. Ujung-ujungnya kata2 yang diucapkan berulang-ulang akan terbukti dalam kehidupan pribadi kita. Dengan demikian hati-hati akan kata-kata yang disampaikan berulang-ulang. Lebih baik menyampaikan kata-kata yang positif, baik untuk semua pihak, santun dan impian dg komitmen untuk merealisasikannya.
Hidup sejahtera adalah taraf hidup atau standar hidup pendapatan yang dihasilkan mencukupi atau berlebih dari pengeluaran yang telah didefinisikan.
Pendapatan dapat berbentuk aktive income, massive income, passive income, dan residual income. Sebagian orang mungkin 85% – 90% mendapatkan dari aktive income, atau waktu ditukar dengan pendapatan. Sisanya 10 % – 15% diperoleh hanya sebagian kecil orang namun mempunyai aset dan pendpatan 80% – 90% bahkan lebih.
Dengan demikian dianjurkan mendapatkan penghasilan dari non aktive income atau sementara paralel aktive dan non aktive income. Ada banyak cara untuk mencapai hal ini dan akan disharing sedikit demi sedikit. Koridor pendapatan yang diperoleh wajar, sesuai norma dan etika, patuh pada peraturan yg berlaku dan sepanjang tidak dosa lakukan.
Pengeluaran merupakan faktor kunci selain pendapatan. Jika pendapatan naik 30% maka pengeluaran harus diatur supaya kenaikannya di bawah 30%, lebih baik 0% dan terbaik menurun atau di bawah 0%.
Ada banyak cara untuk mengatur pengeluaran. Beberapa diantaranya yang lebih detail dibahas di tulisan lain :
1. Beli barang dan atau jasa tunai tidak berhutang, karena hutang ada beban bunga.
2. Beli produk elektronik tidak pada saat di-launching (peluncuran pertama), karena harganya akan menurun dan dalam 1 tahun ke depan merupakan uji pasar akan kehandalan produk tersebut.
3. Beli produk bukan karena iming-iming hadiah, pedagang tidak ada yang mau rugi. Hadiah merupakan sweetener (pemanis) agar barang laku dijual. Keuntungan pedagang besar karena dampak dari iming-iming hadiah tersebut.
4. Beli produk yang punya umur diperkirakan lebih dari 10 tahun atau lebih dan tidak diganti sampai rusak berat tak bisa diperbaiki.
5. Beli produk yang dibutuhkan saja bukan yang diinginkan. Jadi yang benar2 penting dibutuhkan dalam top list kebutuhan. Keinginan hanyalah lingkaran setan untuk peningkatkan pengeluaran bahkan barang yang dibeli tidak dipakai atau dimanfaatkan.
6. Investasi barang, jasa dan pendidikan adalah cara untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri. Jadi makin besar investasi yg efektif akan makin besar kemampuan dan kapasitas untuk mendapatkan pendapatan. Ini baik dan pengeluaran yang memberdayakan. Sedangkan sebaliknya adalah pengeluaran yang menguap, hilang dan musnah tak berbekas dan tidak meningkatkan pendapatan di kemudian hari atau setidaknya hidup bermakna.
Masih banyak lagi tips dan cara untuk mengatur penegluaran yang berdaya guna.
Hidup bermakna adalah hidup yang bisa memberikan nilai, nilai tambah dan atau kemanfaatan buat alam, hewan, tumbuhan, tata nilai, komunitas global dan sesama umat manusia. Ini selain soal pendapatan. Makna merupakan mata uang selain uang, yaitu penghargaan, kepuasan batin, pendidikan, kepedulian sosial, aktualiasi dlsb.
Ternyata ada mata uang lain selain uang. Ada banyak mata uang untuk hidup bermakna.
Orang pesimis melihat hidup sejahtera pasti tidak hidup bermakna, atau hidup bermakna pasti miskin atau tidak sejahtera.
Marilah kita punya pola pikir dan keyakinan hidup sejahtera dan hidup bermakna bisa digapai keduanya. Saya telah menemui orang yang mendapatkan keduanya. Mata uang sejahtera hanya satu ada nilai uangnya sedangkan mata uang hidup bermakna ada banyak. Banyak kesempatan dan peluang untuk hidup bermakna.
Mari kita gapai hidup sejahtera DAN hidup bermakna diri kita masing-masing bersama-sama orang-orang yang kita kasihi.
Posted from WordPress for BlackBerry.