Friday, March 7, 2014

Leverage / Pengungkit untuk mencapai Financial Freedom

Pengungkit kata yang mudah dicerna  sebagai alat untuk mengangkat benda yang lebih berat. Dengan sekali ungkit benda yang mustahil diangkat akan mudah atau enteng yang tak terbayangkan sebelumnya.

Financial Freedom adalah kata yang sering didengar, mudah dikatakan sukar dimengerti apalagi dicapai . pengertian mudahnya financial freedom adalah pencapaian keuangan, dengan penghasilan melampaui pengeluaran dalam kehidupan yang diinginkan tanpa banyak bekerja (alias asetlah yang bekerja untuk memenuhinya).

Tingkat kebutuhan adalah kondisi atas kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti makan, sandang, papan, pendidikan, dan kesenangan.

Tingkat  keinginan adalah kondisi atas keinginan tertentu yang sudah didefinisikan lebih dahulu (kehidupan dengan life style tertentu) yang melampaui kebutuhan.

Jadi dengan bekerja dan penghasilan telah memenuhi pengeluaran bulanan saja tidak cukup. Dengan berusaha atau berbisnis yang masih terlibat langsung dan penghasilan telah menutupi pengeluaran saja tidak cukup.
Dengan keterlibatan sesedikit mungkin alias aset aktif yang bekerja untuk memenuhi tingkat kehidupan yang diinginkan -lah dapat dikatakan  mencapai financial freedom.

Pencapaian ini harus legal, bermartabat, rasional dan tentunya halal.

Pengungkit atau leverage untuk mencapai financial freedom tetaplah hal yang mungkin di lakukan, lihat melampaui yang biasa dan ora et labora.

Secara umum penghasilan ada beberapa kategori yaitu active income, passive income, massive  income dan residual income.

Active income adalah penghasilan yang diperoleh dengan kita masih terlibat secara aktif di dalamnya, misalnya penghasilan dari pegawai, penghasilan dari profesi (dokter, pengacara dll), bisnis dengan keterlibatan (toko kelontong dll). Mudahnya kita bekerja uang masuk, kita tidak bekerja uang tidak diperoleh.

Passive Income adalah penghasilan tanpa perlu keterlibatan secara pribadi. Ada 4 sumber utama penghasilan passive income yaitu dari paper asset (surat berharga), property, bisnis auto sistem, dan copy right (hak cipta).

Massive Income adalah penghasilan yang diperoleh sangat2 besar dibanding pola rata-rata penghasilan berkala. Misalnya berhasil menjadi penghubung jual beli rumah mewah sehingga memperoleh komisi yang sangat besar.

Residual Income adalah penghasilan bulanan setelah dikurangi hutang bulanan dan pengeluaran dasar  bulanan.

Tentunya secara logika untuk mempunyai pengungkit adalah tahap-tahapnya sebagai berikut :
  1. Mendapatkan Penghasilan yang menutupi Pengeluaran Dasar Bulanan, biasanya dengan penghasilan dari active income.
  2. Mencapai penghasilan yang lebih besar dari Pengeluaran Dasar Bulanan yaitu supaya mempunyai Residual Income
  3. Jika memungkinkan mempunyai Massive Income untuk mempunyai Residual Income
  4. Merubah Residual Income menjadi Passive Income
  5. Passive Income menghasilkan Passive Income, memperbesar residual income jika memungkinkan memperoleh massive income.
Dengan demikian, kita masing-masing perlu definisikan masing-masing income tersebut untuk diri masing-masing. Tiap orang bisa memulai dari manapun, sepanjang bahwa tujuannya mencapai financial freedom. 

Lakukan sejak kini, jika sudah buat pengungkitnya makin berdaya guna dan berhasil guna.
Saya yakin Anda akan bisa.