Friday, March 7, 2014

Pendidikan, investasi untuk masa depan umat manusia

Gambar ini adalah ruang kuliah di sebuah pendidikan tinggi ternama. Asri penuh kenangan dan penuh inspirasi. Meski sesudah bertahun-tahun terlewat namun ruang-ruang kuliah tersebut memberikan dorongan untuk mendapatkan yang terbaik di bidang panggilan hidup sesuai ilmu yang terlah dipelajari.
Pendidikan adalah salah satu bentuk investasi yang memberikan leverage sangat besar. Banyak orang telah merubah tingkat kesejahteraan hidupnya antara bumi dan langit setelah menyelesaikan pendidikan yang sesuai dan terbaik. Pendidikan sungguh dirasakan sebagai pijakan untuk kehidupan yang lebih baik. Diaharapkan selain ada peningkatan keilmuan, peningkatan kedewasaan, peningkatan pengetahuan, peningkatan kesejahteraan dan diharapkan peningkatan tingkat kepribadian yang diahrapkan menjadi teladan bagi leingkungan sekitar kemudian.
Banyak dimensi yang akan diperoleh dari pendidikan. Harapannya bukan menurunkan integritas tetapi justru meningkatkan dengan tetap rendah hati dan berbudi pekerti. Pendidikan sungguh pijakan menuju impian setinggi langit.
Pendidikan adalah proses seumur hidup dan tidak mengenal umur. Setidaknya tingkatan pendidikan formal ingin dilewati banyak pihak. Pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah tingkat pertama dan atas, serta pendidikan tinggi strata sarjana, master dan doktoral.
Untuk meniti pendidikan dengan prestasi terbaik dan di tempat terbaik paling tidak diperlukan 3 hal berikut :
  1. Kesungguhan perencanaan pendidikan dan pencapaian proses pendidikan sebaik mungkin sejak awal. Perencanaan ini perlu dilakukan bukan hanya pihak anak didik tetapi melibatkan juga keluarga. Perlu dipikirkan untuk selalu mendapatkan prestasi pendidikan terbaik dan belajar di lingkungan pendidikan terbaik. Disiplin, integritas pribadi dan kesiapan untuk berkembang secara rendah hati sungguh modal penting untuk sukses dalam pendidikan.
  2. Pemilihan tahap-tahap pendidikan sesuai minat dan bakat anak didik dan disesuaikan kemampuan. Banyak solusi kreatif bisa dilakukan meski modal pendidikan minim selama keputusan untuk memilih sekolah/perguruan tinggi selalu mencari yang optimal.  Bidang pilihan pendidikan diharapkan berguna kelak sehingga penyesuaian minat dan bakat perlu dibina dan diarahkan sejak awal. Banyak pihak perlu saling dukung dan bahu membahu untuk kepentingan anak didik dan buka egoisme orang tua, guru dan pihak-pihak lain di luar anak didik.
  3. Pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia dan bukan kesia-siaan. Apapun juga bidang kerja, bidang usaha atau penghidupan anak didik kelak, namun pendidikan diharapkan akan menjadikan tiap insan menjadi manusia seutuhnya. Dengan demikian pendidikan bagaimana bentuknya dan bidang apapun selama sesuai dengan hakiki-nya pendidikan cepat atau lambat akan memberikan nilai tambah dan bukan kesia-siaan. Wajar dan keharusan bahwa negara punya kewajiban mencerdaskan anak bangsa seperti yang tercantum di Undang-undang Dasar.
Mari kita saling dukung dan bahu membahu menggugah generasi saat ini untuk makin  terdidik dan mempunyai integritas pribadi yang patut dibanggakan semua. Salam dan semoga.